Sudi sudi lah jadi follower

Saturday, April 28, 2012

Anak Kasar dan Sukar Belajar Tanda Fragile X Sydrome......

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...

                 Dah nak penghujung bulan pun, aku terlupa bulan April merupakan  Bulan Kesedaran Autisme..Bagi aku yang mempunyai  ketiga-tiga anak Autisme yg istimewa ini mengharapkan masyarakat tak memandang rendah terhadap golongan ini...Bukan pinta mereka untuk di lahirkan sedemikian..Anak2 aku tergolong dlm Fragile X Sydrome..Sebagai seorang ibu kadang2 kesabaran di uji juga jadi dgn adanya artikel yg aku copy ini dlm blog aku sedikit sebanyak mungkin blh membantuku utk mendidik mrk..
KLIK DI SINI

Ibu mana yang tak bahagia mengetahui putra-putrinya tumbuh dan berkembang seperti yang diharapkan. Meski demikian, jika menemui gejala yang mengkawatirkan pada anak, seperti kesulitan belajar, mengucapkan kata berulang atau senantiasa bersikap kasar, tak perlu panik. Andai mau belajar, gejala awal sudah bisa dikenali dan ibu sudah langsung bisa mengantisipasi hal-hal di atas yang menurut kesimpulan sementara para ahli adalah gejala sindrom fragile X.

Dalam sebuah simposium di Jakarta, belum lama ini, seorang pakar pendidikan anak, Prof dr Sultana MH. Faradz, Phd menyebutkan, kesulitan belajar, gaya bicara mengulang dan penyampaian yang kasar merupakan indikasi anak menderita sindrom fragileX.
"Sindrom fragileX merupakan penyakit yang diwarisi pihak ibu dan dapat diteruskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya," kata dr Sultana.

Penderita biasanya laki-laki, tetapi perempuan juga dapat menjadi penderita dan pembawa sifat (carrier). Namun anak laki-laki yang mendapat pewarisan gen cacat ini kadang-kadang tidak menunjukkan gejala retardasi mental karena gen hanya mengalami premutasi.


Di Indonesia sesuai data penelitian sindrom fragileX oleh Unit Molekuler & Sitogenetika Laboratorium Bioteknologi, kata Sultana, 4 per 340 pada pupulasi retardasi mental. Namun pada populasi retardasi mental daerah terisolir dapat mencapai 50 persen dan 0,4 persen pada populasi laki-laki normal.

Sindrom fragileX merupakan penyebab utama penyakit retardasi mental menurun dan penyebab kedua penyakit retardasi mental genetik setelah sindrom down. Memang, katanya, sering kali dihubungkan dengan gangguan belajar, tampilan fisik spesifik dan gangguan sistim saraf serta kejiwaan seperti autisme.


TELAPAK TANGAN PENDERITA FRAGILE X SYNDROM


Gejala utama retardasi mental adalah, retardasi mental ringan sedang dengan skor IQ berkisar 50-75. Pada lebih kurang 30 persen perempuan pembawa sindrom fragileX menunjukkan ratardasi mental dalam tingkatan yang ringan.

Keluhan yang sering dijumpai pada orang tua adalah anaknya mengalami kesulitan belajar. Selain itu, ditemukan hambatan kemampuan berbicara dan penerimaan bahasa, ditandai dengan gaya bicara yang mengulang dan penyampaian yang kasar.

Penderita laki-laki umumnya menghindari tatapan mata (80 %). Hal ini mengakibatkan terbatasnya interaksi sosial, hanya mampu untuk memusatkan pikiran dalam waktu terbatas, hiperaktif, suka menepuk tangan, menggigit jari dan mengulang-ngulang gerakan tangan.

Sultana juga menyebutkan, pada laki-laki penderita dijumpai tampilan wajah kotak dengan dagu memanjang, jidat memanjang, hidung melebar, langit-langit rongga mulut yang melengkung tinggi, dan telinga yang besar dan menggantung.

Gejala fisik paling sering dijumpai (80 %) pada laki-laki menjelang dewasa sampai ketika mereka dewasa. Untuk memastikan diagnosis dan mengetahui jenis sindrom fragileX serta kemungkinan pewarisan harus dilakukan pemeriksaan kromosom dari sel darah putih penderita. Karena pada perempuan pembawa sifat (terutama yang premutasi) sering tidak menunjukkan kromosom yang rapuh maka diperlukan pemeriksaan DNA.

Sedang dr Rob Willemsen, Nijmegen, Belanda, menyebutkan dia khusus datang ke Indonesia untuk memberitahu bahwa penyakit tersebut ada di Indonesia dan penting untuk diketahui.

Menurutnya, ini merupakan penyakit genetika (turunan) dan yang tidak bisa dihindari kecuali dengan cara modern.

Sumber : 
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9857807

1 ulasan:

Iena Eliena said... [Reply to comment]

salam..
singgah follow sini :)
jom follow cik iena jugak(^_~)
www.ienaeliena.com

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...